Keunikan Alat Musik Tifa dan Cara Memainkannya - Daerah Katadata.co.id (2024)

Setiap daerah di Indonesia memiliki instrumen musik yang unik dan khas. Salah satu di antaranya yang sudah dikenal luas hingga mancanegara adalah alat musik tifa. Bila dilihat sekilas, tifa hampir mirip dengan kendang. Bedanya, bagian bawah instrumen ini berlubang di tengahnya.

Alat musik tifa berasal dari daerah Indonesia timur, tepatnya Papua dan Maluku. Cara memainkan alat musik tifa yakni dengan ditabuh atau dipukul, sampai berbunyi suara mirip kendang.

Secara umum, fungsi alat musik tifa adalah sebagai instrumen pengiring tarian adat masyarakat Papua dan Maluku. Akan tetapi, jika ditinjau lebih jauh lagi khsusnya dalam konteks sosial budaya, fungsi alat musik tifa yakni sebagai bentuk kebesaran kepala suku, sekaligus menjadi alat musik bernilai sakral.

Menurut buku Alat Musik Tradisional Nusantara (2016) karya Akhmalul Khuluq, alat musik tifa dari Papua memiliki perbedaan mendasar jika dibandingkan dengan tifa asal Maluku. Perbedaan ini terlihat pada bentuk tifa.

Dalam buku tersebut dijelaskan, ukuran alat musik tifa dari Papua jauh lebih besar dan panjang ketimbang tifa asal Maluku. Kemudian di bagian sampingnya terdapat semacam tali untuk pegangan. Suara yang dihasilkan tifa Papua terdengar begitu khas.

Alat musik tifa terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi. Selain itu ada juga kulit hewan yang berfungsi sebagai membran. Membran ini dililitkan melingkar dengan rotan supaya kencang. Untuk memainkannya, diperlukan teknik menabuh yang benar supaya iramanya enak didengar telinga.

Besar dan kecilnya ukuran alat musik tifa akan mempengaruhi nada yang dihasilkan. Selain berfungsi sebagai pengiring tarian, alat musik tifa juga sering digunakan untuk menyambut tamu.

Apa Keunikan Alat Musik Tifa?

Alat musik tifa bisa dikategorikan sebagai single-headed frame drum. Instrumen ini biasanya dihiasi oleh ukiran dan corak warna dasar masyarakat Papua. Di Maluku, tifa dikenal juga dengan sebutan tihal atau tahito.

Saat ini tifa tidak hanya dimainkan di tanah Papua atau Maluku saja. Melainkan sudah menyebar ke sejumlah daerah di Indonesia. Alunan nada ritmik yang dihasilkan alat musik tifa, mampu mengiringi setiap gerakan tari tradisional suku-suku di Papua dengan irama yang pas.

Keunikan alat musik tifa terletak pada bunyi, serta motif di beberapa bagiannya. Motif ukiran pada tifa pun dapat menjadi tanda kepemilikan dan dari marga mana orang itu berasal.

Dikutip dari Indonesia.go.id, alat musik tifa dapat dikelompokan berdasarkan jenis tifa. Secara umum, jenis alat musik tifa yaitu Jekir, Potong, Dasar, dan Bas. Pembagian jenis tifa ini didasari dari warna suara, sehingga saat dimainkan bersama, jenis-jenis tifa tersebut akan menghasilkan suara berbeda. Namun, tetap dengan irama yang harmonis.

Masyarakat Papupa menganggap alat musik tifa sebagai indentitas diri, simbol kebanggaan diri, dan menjadi sarana pengikat hubungan dengan orang Papua lainnya. Tifa pun kini sudah sering digunakan dalam acara-acara besar.

Bagaimana Alat Musik Tifa Bisa Dikenal Luas?

Tidak diketahui secara pasti bagaimana alat musik tifa bisa terkenal, bahkan sampai dikenal luas hingga mancanegara. Namun yang jelas, ada satu fakta yang sulit dibantahkan yaitu instrumen ini sudah menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

Sejarah alat musik tifa tidak bisa lepas dari cerita rakyat. Melansir dari Indonesia Kaya, setiap suku di Papua dan Maluku memiliki narasi tersendiri terkait asal-usul alat musik ini. Misalnya cerita yang berkembang di tengah masyarakat Biak.

Dalam cerita rakyat tersebut dikisahkan, di sebuah desa di Biak terdapat seorang anak yatim yang dihantui rasa bersalah karena tidak memiliki harta, atau bahan makanan untuk disumbangkan pada suatu acara pesta besar di kampungnya itu. Anak itu berlari ke tengah hutan dan kemudian duduk termenung di bawah pohon.

Sembari menangis, dia memohon pertolongan kepada leluhurnya agar diberi petunjuk untuk mengatasi masalah yang dihadapinya. Setelah berdoa, anak tersebut dikagetkan dengan kemunculan seekor kadal. Kadal tersebut menyuruh anak itu mengambil kulitnya untuk dijadikan sireb atau tifa. Dari cerita inilah, alat musik tifa kemudian dipandang sebagai instrumen sakral bagi masyarakat Biak.

Bagaimana Cara Memainkan Alat Musik Tifa?

Dilansir dari situs Kemenkraf.go.id, bentuk alat musik tifa asal Papua biasanya bagian tengahnya cenderung dibuat lebih melengkung. Sedangkan tifa dari Maluku memiliki bentuk tabung dan tidak diberi pegangan. Ukuran tifa akan mempengaruhi besar-kecilnya suara dan irama nada yang dihasilkan.

Cara memainkan alat musik tifa yaitu ditabuh atau dipukul. Meski terlihat mudah, memainkan instrumen ini tidak sesederhana yang dibayangkan. Diperlukan insting serta pengalaman bermusik cukup lama, agar suaranya terdengar merdu dan indah.

Sebagai catatan, bagi masyarakat Papua menabuh alat musik tifa tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Bahkan, dari penuturan masyarakat asli Papua, orang yang akan membunyikan tifa harus mendapat izin terlebih dahulu dari kepala suku. Ini bisa terjadi, karena tifa sudah dianggap sebagai alat musik sakral masyarakat Papua.

Sejak dulu, alat musik tifa sudah digunakan untuk mengiri beragam tarian tradisional Papua. Ambil contoh seperti tarian asmat, gatsi, perang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Meski berasal dari wilayah timur Indonesia, tidak ada salahnya untuk mempelajari dan melestarikan warisan budaya dari leluhur masyarakat Papua dan Maluku ini.

Keunikan Alat Musik Tifa dan Cara Memainkannya - Daerah Katadata.co.id (2024)

References

Top Articles
Kind Farms Reserve Medical And Recreational Cannabis Photos
Shari Debenedetti Bio
Tripadvisor Antigua Forum
Spasa Parish
Krua Thai In Ravenna
Zachary Zulock Linkedin
Buff Streams .Io
104 Whiley Road Lancaster Ohio
799: The Lives of Others - This American Life
Whmi.com News
Tamara Lapman
Cbs Fantasy Trade Values
Pulitzer And Tony Winning Play About A Mathematical Genius Crossword
8 Internet Celebrities who fell prey to Leaked Video Scandals
Bailu Game8
Sites Like SkiptheGames Alternatives
'Kendall Jenner of Bodybuilding' Vladislava Galagan Shares Her Best Fitness Advice For Women – Fitness Volt
Dow Futures Pre Market Cnn
Loceryl NAIL LACQUER
Best 2 Player Tycoons To Play With Friends in Roblox
Enloe Bell Schedule
The Real Housewives Of Atlanta 123Movies
Lanie Gardner: The Rising Star Behind the Viral Fleetwood Mac Cover - Neon Music - Digital Music Discovery & Showcase Platform
Elmira Star Gazette Obit
7 Little Johnstons Alex Died Full Episode
Greenville Daily Advocate Greenville Ohio
Benjamin Hilton co*ck
Colt Gray and his father, Colin Gray, appear in court to face charges in Georgia school shooting
Loterie Midi 30 Aujourd'hui
Seconds Valuable Fun Welcoming Gang Back Andy Griffith's Birthday A Top Wish So A Happy Birthday FZSW A Fabulous Man Kevin Talks About Times From Ten Day Weekend Fun Labor Day Break
Vip Market Vetsource
Israel Tripadvisor Forum
Wells Fargo Holiday Hours
When Is Meg Macnamara Due
Shaw Funeral Home Vici Oklahoma
Sport & Fitness in Hainbuch: Zubehör & Ausrüstung günstig kaufen
Music Lessons For Kids Penshurst
Keyn Car Shows
Why Does Tyrus Always Carry His Belt
Lee County Buy Sell And Trade
Claudy Jongstra on LinkedIn: Tonight at 7 PM opens NAP+, a new, refreshing and enriching addition to…
Bob Wright Yukon Accident
When is the next full moon? September's Harvest Moon is also super
Enter The Gungeon Gunther
Lindy Kendra Scott Obituary
Oriley Auto Parts Hours
Tighe Hamilton Hudson Ma Obituary
Rocky Aur Rani Kii Prem Kahaani - Movie Reviews
Saryn Prime Build 2023
18K Gersc Stamped Inside Ring
Agurahl The Butcher Wow
C-Reactive Protein (CRP) Test Understand the Test & Your Results
Latest Posts
Article information

Author: Clemencia Bogisich Ret

Last Updated:

Views: 5450

Rating: 5 / 5 (80 voted)

Reviews: 87% of readers found this page helpful

Author information

Name: Clemencia Bogisich Ret

Birthday: 2001-07-17

Address: Suite 794 53887 Geri Spring, West Cristentown, KY 54855

Phone: +5934435460663

Job: Central Hospitality Director

Hobby: Yoga, Electronics, Rafting, Lockpicking, Inline skating, Puzzles, scrapbook

Introduction: My name is Clemencia Bogisich Ret, I am a super, outstanding, graceful, friendly, vast, comfortable, agreeable person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.